Berita & Lowongan Pelaut Indonesia
Portal Media Pelaut Indonesia

Cina Luncurkan Satelit Maritim Gaofen 3

31

- Advertisement -

Indoseafarer.comChina Academy of Space Technology di Beijing meluncurkan satelit baru berteknologi tinggi yang disebut Gaofen 3. 

Gaofen 3 diluncurkan di tengah upaya China untuk tegas dalam menetapkan kontrol atas Laut Cina Selatan, Gaofen 3 dikalim satelit observasi bumi beresolusi tinggi dirancang untuk melindungi kepentingan maritim Cina serta berperan untuk memperingatkan adanya bahaya bencana alam.

Gaofen 3 diluncurkan menggunakan roket Marc 4C panjang di Taiyuan, Pusat Peluncuran Satelit di provinsi Shanxi, Cina.

Xu Fuxiang, Kepala proyek Gaofen 3 mengatakan: “mengingat China memiliki total 32.000 kilometer garis pantai, 380.000 kilometer persegi (38 juta ha) teritorial laut dan lebih dari 6.500 pulau yang memiliki luas minimal 500 persegi meter (0.05ha), satelit seperti Gaofen 3 akan sangat berguna dalam melindungi hak-hak maritim negara dan kepentingan negara Cina.”

- Advertisement -

“Gaofen 3 akan memainkan peran penting dalam memantau lingkungan laut, pulau-pulau dan karang, kapal serta rig minyak,” tambah Xu Fu Xiang mengutip dari China Daily newspaper.

“Satelit seperti Gaofen 3 akan sangat berguna dalam melindungi hak-hak maritim negara dan kepentingaSatelit seperti Gaofen 3 akan sangat berguna dalam melindungi hak-hak maritim negara dan kepentingan,” tambahnya.

Gaofen 3 diluncurkan di tengah upaya China untuk tegas dalam menetapkan kontrol atas Laut Cina Selatan, setelah bulan lalu pengadilan memvonis klaim luas Beijing atas hampir semua wilayah yang disengketakan dan juga wilayah yang diklaim oleh Filipina, Vietnam, Malaysia, Brunei dan Taiwan.

Pada bulan Juli lalu, pengadilan internasional di Den Haag memutuskan klaim terhadap laut Cina Selatan yang kaya akan sumber daya dibawah kekuasaan negara Filipina, keputusan ini dengan tegas ditolak oleh Beijing.

China, yang menolak keputusan itu telah meluncurkan patroli udara dan laut untuk tegas menetapkan kontrol atas wilayah tersebut.

Komentar
Loading...