Berita & Lowongan Pelaut Indonesia
Portal Media Pelaut Indonesia

FO CAT3618DF : Dual Fuel Engine Pertama di Dunia Untuk Kapal Cepat

55

- Advertisement -

Indoseafarer.com – Adalah FO CAT3618DF, Dual Fuel (DF) engine pertama di dunia yang dimodifikasi khusus untuk kapal cepat. Sebelum modifikasi dan konversi, FO CAT3618DF adalah engine CATERPILLAR 3618. Total jumlah CATERPILLAR 3618 yang di modif ada 4 engine dengan total power yang dihasilkan sebesar 7,200 bkW (9,770 mhp) pada 1,050 rpm.

V18 cylinder, 4-stroke Cat 3618 diesel engine dengan berat 36,000 kg (36 ton) mengkonsumsi 1,707 liter/jam bahan bakar pada rated speed. Engine dengan kinerja paling tinggi di dunia.

FO CAT3618DF dimodifikasi (retrofitting/konversi) untuk sebuah kapal cepat bernama Bencomo Express. Bencomo Express dioperasikan oleh Fred Olsen Express pada rute Agaete Santa Cruz de Tenerife. Bencomo Express pertama kali diperkenalkan oleh Fred Olsen fleet pada tahun 1999.

Bencomo Express
Bencomo Express

- Advertisement -

Dari sisi komersial dan pelayanan, Bencomo Express tentu di desain khusus agar lebih ringan dan cepat dengan tujuan untuk mempertahankan pelayanan serta tingat komersial yang baik itu tadi. Dual Fuel engine, saat ini engine yang berada dipasaran terlalu besar dan berat untuk digunakan pada kapal yang memiliki kecepatan tinggi seperti Bencomo Express. Dengan demikian, solusi untuk menggunakan Dual Fuel (DF) engine harus ditemukan agar dapat tetap mempertahankan kecepatan serta berat keseluruhan kapal tetap sama.

Teknologi inovatif akhirnya hadir, dengan cara retrofitting (konversi) dan memodifikasi/mengganti beberapa parts sehingga dapat menggunakan dua jenis bahan bakar yang berbeda.

Paket propulsion yang ada di Bencomo Express terdiri dari 4 x Caterpillar 3618 engines, 4 x Reintjes VLJ6831 gearboxes dan 4 x Kamewa 125 SII waterjets. Kecepatan kapal dalam keadaan penuh penumpang (total 859 penumpang) dan kendaraan adalah 37 knot.

FO CAT3618DF saat ini siap di commissioning di Navantia (Cartagena) dengan mengikuti test bench protocol yang dikeluarkan oleh klasifikasi DNV-GL.

Project inovasi engine FO CAT3618DF sebagai Dual Fuel engine pertama di dunia untuk kapal cepat Bencomo Express dikordinir oleh Fundación Valenciaport dan dibiayai oleh Uni Eropa melalui program “Connecting Europe Facility”.

Komentar
Loading...