Berita & Lowongan Pelaut Indonesia
Portal Media Pelaut Indonesia

Kapal Pesiar Bakal Rutin Kunjungi Bali Utara

72

- Advertisement -

Indoseafarer.com – Dream Cruise, adalah kapal pesiar mewah yang bakal secara berkala mengunjungi pulau Bali (tepatnya Bali Utara). Bali Utara akan menjadi destinasi wisata kapal pesiar dengan ribuan wisatawan manca negara selama 2017-2018.

Dream Cruise direncanakan akan mengunjungi Bali Utara pada pertengahan Desember 2017 mendatang, kapal ini akan berlabuh di Pelabuhan Celukan Bawang, Buleleng dua kali dalam sebulan.

Kunjungan kapal pesiar ke tempat-tempat wisata di Indonesia merupakan program pemerintah dalam strategi meraup visa dari pariwisata. Presiden Joko Widodo sejak 2016 lalu mencanangkan sepuluh destinasi baru tujuan wisata di Indonesia yang dipopulerkan dengan istilah “10 Bali Baru” adalah salah satu bukti keseriusan duet Jokowi-JK dalam menciptakan strategi meraup devisa dengan cara cepat dan mudah.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengemukakan harapannya dari sektor wisata kapal pesiar yang diprediksi akan segera berkembang di Indonesia. Ia mengatakan pengembangan destinasi wisata untuk kapal pesiar di pulau tersebut akan dipercepat, agar pertumbuhan ekonomi di Bali semakin merata.

- Advertisement -

“Celukan Bawang sudah siap, daerah lain masih perlu pendalaman dan menyiapkan terminal untuk wisatawan,” kata Menpar dalam siaran persnya yang diterima VIVA.co.id, Senin, 4 September 2017.

Ia menyambung bahwa menurut data Cruise Line International Association menunjukkan sekitar 172 kapal pesiar telah singgah di pelabuhan-pelabuhan Indonesia. Menurutnya, Indonesia memang memiliki faktor iklim yang menguntungkan untuk mengembangkan wisata kapal pesiar.

“Indonesia punya suhu yang hangat sepanjang tahun. Pantainya juga bagus, budaya, dan makanannya juga lengkap,” ujar Arief.

Penasihat Khusus Menteri Pariwisata, Indroyono Soesilo, mengatakan, dengan berlabuhnya kapal pesiar, yang membawa ratusan penumpang, maka destinasi wisata di Bali Utara, seperti Pantai Lovina, Danau Beratan, Kebun Raya Bedugul, Taman Nasional Bali Barat, Pulau Menjangan juga akan dapat dioptimalkan. Serta membuka kemungkinan pengembangan destinasi-destinasi baru di kawasan tersebut.

Mengenal Bali Utara

Bali Utara merupakan salah satu pulau mungil yang ada di Indonesia jika dibandingkan dengan pulau-pulau lain di Indonesia. Dari segi wilayah, bali di pecah menjadi 4 bagian, yakni Bali Barat, Bali Selatan, Bali Timur dan Bali Utara. Bali Utara merupakan wilayah bali bagian utara yang meliputi daerah kabupaten Buleleng dengan luas daerah sekitar 136.588 hektar atau 24,25% dari luas daerah pulau Bali.

Peta Bali Utara
Peta Bali Utara

Berikut Kecamatan di Buleleng

  • Kecamatan Gerokgak
  • Kecamatan Busungbiu
  • Kecamatan Sukasada
  • Kecamatan Banjar
  • Kecamatan Kubutambahan sebesar
  • Kecamatan Seririt
  • Kecamatan Tejakula
  • Kecamatan Buleleng
Komentar
Loading...