Berita & Lowongan Pelaut Indonesia
Portal Media Pelaut Indonesia

Kesepakatan Rolls-Royce Dan TCOMS Dalam Mengembangkan Smart Ship

41

- Advertisement -

Indoseafarer.com – Rolls-Royce, perusahaan yang berbasis di United Kingdom (UK), bersama dengan Technology Centre for Offshore and Marine Singapore (TCOMS) telah menandatangani memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman dalam membentuk kemitraan strategis yang akan berfokus pada pengembangan teknologi kapal pintar (smart ship).

Dalam perencanaan pembangunan smart ship, duo ini akan melalukan penelitian dalam mengembangkan teknologi seperti penginderaan pintar (smart sensing), digital twinning dan integrated modeling, dimana dikatakan penting untuk pengembangan solusi berbasis data kelautan masa depan. Pengembangan ini akan diterapkan pada teknologi demonstrators yang berguna untuk menunjukkan bagaimana dapat digunakan oleh jenis kapal tertentu, menurut Rolls-Royce.

“Dengan mengembangkan teknologi demonstrator di sekitar sensor, data analisis dan Marine Internet of Things, kita akan melihat kapal menjadi lebih handal, lebih efisien dan lebih erat terintegrasi ke dalam rantai pasokan global dimana dapat menghasilkan penghematan biaya serta meningkatkan pendapatan,” ujar Kevin Daffey, Direktur Engineering & Technology – Marine Rolls-Royce.

TCOMS sendiri merupakan perusahaan Singapura patungan antara Singapore’s Agency untuk ilmu pengetahuan, Teknologi dan Penelitian serta National University of Singapore. Perusahaan ini juga didukung oleh Dewan Pengembangan Ekonomi Singapura serta Kelautan dan Port Authority Singapore.

- Advertisement -

TCOMS sendiri juga sudah pernah membangun konstruksi generasi terbaru Deepwater Samudera Basin yang dilengkapi dengan sistem gelombang generasi terbaru dimana bisa mensimulasi kehidupan dan lingkungan laut termasuk di perairan yang paling dalam sekalipun. Fasilitas Samudera Basin akan memfasilitasi pengembangan konsep-konsep inovatif termasuk intelligent floating platforms and ships, sistem mandiri, robotika laut serta sistem bawah laut.

Awal bulan ini, Rolls-Royce menerima aapproval untuk dana penelitian oleh Tekes, badan Pendanaan inovasi dari Finlandia yang mendukung penelitian Rolls-Royce dalam mengembangkan kapal mandiri yang dapat dikontrol menggunakan remote. Perusahaan mengatakan bahwa pendanaan tersebut akan memungkinkan perusahaan untuk berinvestasi di masa depan dalam penelitian dan pengembangan pusat di Turku, Finlandia.

Komentar
Loading...