Berita & Lowongan Pelaut Indonesia
Portal Media Pelaut Indonesia

KM Mutiara Sentosa I Terbakar 197 Penumpang Plus ABK Selamat

0 54

- Advertisement -

Indoseafarer.com – Kecelakaan kapal kembali terjadi, KM Mutiara Sentosa I terbakar di Perairan Masalembo, Sumenep, Madura, Jumat (19/5). Penyebab kebakaran masih dalam tahap investigasi oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Dugaan sementara, di KM Mutiara ada kendaraan yang membawa gas, inilah yang diduga memicu kebakaran. Namun KNKT masih terus melakukan investigasi, Investigator Pelayaran KNKT, Bambang Safari Alwi mengatakan investigasi juga dilakukan dengan meminta keterangan dari para penumpang, selain itu pihak KNKT juga akan memeriksa fisik kapal, Nahkoda kapal dan juga koordinasi dengan KSOP setempat.

KNKT setidaknya membutuhkan waktu 90 hari atau 3 bulan untuk melakukan investigasi tersebut.

Terkait insiden kebakaran KM Mutiara Sentosa I, menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan duka yang dalam kepada korban kecelakaan. Dia meminta seluruh pihak, baik Kemenhub, BNPB, Basarnas, maupun Kepolisian Air dan Udara (Polairud) Surabaya, bertindak cepat dalam penanganan kecelakaan.

- Advertisement -

“Saya menyampaikan rasa simpati yang mendalam kepada keluarga para korban kecelakaan KM Mutiara Sentosa I dan saya sudah minta dilakukan investigasi dengan cepat dan akurat,” ujar Menhub dalam keterangannya, Sabtu (20/5/2017).

Menhub berkata akan segera melakukan evaluasi dan koreksi menyeluruh atas kejadian ini. Evaluasi akan menyasar penyelenggara, mulai level atas sampai bawah, terkait regulasi dan SOP angkutan publik terhadap penyelenggara angkutan.

“Saya akan terbitkan surat edaran yang meminta semua proses keberangkatan kapal, operasional bus, dan semua moda angkutan publik memberlakukan SOP dengan metode double-check terhadap semua unsur keselamatan,” terang Budi.

Disisi lain, Basarnas mengatakan bahwa ada informasi kendaraan yang membawa muatan gas menjadi penyebab terbakarnya KM Mutiara Sentosa I, namun belum ada kepastian pasti apakah itu gad atau bahan berbahaya dan beracun (BBB).

Sementara pihak Kemenhub melalui Direktur Perkapalan dan Kelautan Kementerian Perhubungan Capt. Rudiana mengatakan jumlah peralatan keselamatan dalam kapal KM Mutiara Sentosa I sudah memadai. Menurut Rudiana, KM Mutiara Sentosa tersebut sudah memenuhi syarat keselamatan. 

“Life jacket (jaket pelampung) 697 buah. Dari sisi alat keselamatan, memenuhi persyaratan, kapal kecelakaan, bukan dari sisi kapal tapi dari muatan,” kata Rudiana saat jumpa pers di Kantor Basarnas, Jl Angkasa Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (21/5/2017).

Capt. Rudiana juga mengatakan kapasitas kapal tersebut bisa menampung sejumlah 300 orang penumpang. Selain itu, beberapa alat keselamatan dan sekoci berjumlah 550 unit.

Terlepas dari itu, semua penumpang berjumlah 197 orang di atas kapal plus ABK selamat.

Komentar
Loading...