Berita & Lowongan Pelaut Indonesia
Portal Media Pelaut Indonesia

KONGSBERG Maritime Luncurkan Sistem Referensi Baru Untuk DP

75

- Advertisement -

Indoseafarer.comKONGSBERG baru-baru ini telah meluncurkan aplikasi sistem referensi DP (Dynamic Positioning) baru, solusi untuk mendapatkan sistem yang lebih presisi. Solusi integrasi baru yang dideskripsikan dengan “an integrated solution for DP reference applications.”

Adalah DPS i2 dan i4, sistem referensi ini dipadukan KONGSBERG berdasarkan pengalaman perusahaan selama puluhan tahun dalam pengembangan GNSS in-house dan teknologi inersia untuk menciptakan solusi terintegrasi terdepan dalam aplikasi referensi DP.

DPS i2 dan DPS i4 merupakan aplikasi presisi tinggi, solusi referensi DP terukur dan dapat dikenali secara skalabel dimana secara signifikan dapat meningkatkan efisiensi operasional serta keamanan.

Sistem baru ini (DPS i2 dan i4) telah digunakan pada kapal AHTS (Anchor Handling Tug Supply) milik Bourbon yakni Bourbon Arctic yang sedang operasi di Norwegia Utara selama enam bulan terakhir.

- Advertisement -

Bourbon-Arctic
Bourbon Arctic, AHTS yang menggunakan sistem terbaru KONGSBERG

Menurut KONGSGERG, DPS i2 dan DPS i4 menggunakan unique motion gyro compass (MGCTM) dan teknologi motion reference unit (MRUTM). Teknologi ini menawarkan integrasi optimal dari multi GNSS dan sensor inersia, yang menjamin ketersediaan dan integritas data posisi yang akurat. Ketika pelanggan memilih DPS i2 atau DPS i4 dengan MGC sebagai sensor inersia, pelanggan mendapatkan keuntungan dari kompas gyro WheelMark berkualitas tinggi tanpa perawatan terjadwal sebagai bagian integral dari solusi, yang juga dapat melayani sistem on-board lainnya dengan attitude data.

Baca juga:
1 of 2
KONGSBERG Luncurkan Teknologi DPS i2 dan DPS i4
KONGSBERG DPS i2 dan DPS i4 integrate GNSS and inertial technology

DPS i2 memanfaatkan GPS dan GLONASS sementara DPS i4 menggunakan Galileo dan Beidou sebagai pendukung sistem GNSS. Dengan mengkombinasikan teknologi Inersia terdepan dikelasnya dengan teknologi multi-constellation GNSS, KONGSBERG menawarkan solusi efisiensi anggaran bagi pelanggan namun referensi posisi dapat diandalkan. Selain itu, DPS i2 dan DPS i4 sepenuhnya siap untuk menggunakan koreksi diferensial dan layanan SBAS jika diperlukan.

DPS i2 dan DPS i4 juga menawarkan desain yang fleksibel, memastikan referensi posisi dapat terukur secara akurat serta dapat diperluas dimana dapat menyesuaikan dengan keperluan posisi khusu yang diminta oleh kapal. DPS i2 dan DPS i4 dapat menggunakan sensor MGC atau MRU yang ada atau yang berdedikasi untuk integrasi di kapal.

DPS i2 dan DPS i4 memiliki antarmuka pengguna grafis intuitif dan mudah digunakan seperti seri DPS Kongsberg lainnya yang saat ini telah digunakan oleh banyak kapal. HMI (Human-Machine Interface) memungkinkan seorang operator untuk dapat menilai kualitas posisi dengan cepat dan efektif selama operasi berlangsung.

Vidar. Bjørkedal, VP Sales & Customer Support, Kongsberg Seatex Amerika Serikat mengatakan: “Dengan mengintegrasikan teknologi MGC mutakhir kami dengan teknologi penentuan posisi diferensial yang telah ada, DPS i2 dan DPS i4 memberikan perbaikan operasional dan potensi keuntungan ekonomi yang dapat membantu perusahaan jasa lepas pantai (offshore) untuk sepenuhnya memikirkan kembali pendekatan mereka terhadap penerapan sistem referensi DP,”

“Dengan ready-to-use dari remote service dan diagnostic, lini produk DPS i2 dan DPS i4 adalah solusi tepat untuk masa depan, yang berarti jika pelanggan memiliki masalah dengan sistem DP mereka yang sebelumnya mengharuskan seorang Engineer service harus datang namun kali ini masalah dapat diselesaikan dari jarak jauh.”

Komentar
Loading...