Berita & Lowongan Pelaut Indonesia
Portal Media Pelaut Indonesia

Kongsberg Perkenalkan HIPAP Generasi Terbaru, Generasi Dari Varian 102 Low Frequency

115

- Advertisement -

Indoseafarer.com – Adalah HiPAP 102P, generasi HIPAP terbaru Kongsberg, portabel akustik positioning system yang diciptakan untuk operasi laut dalam. Generasi HIPAP terbaru ini pertama kali dikenalkan Ocean Business 2017 pekan ini.

Teknologi HIPAP 102P mampu menyediakan posisi secara penuh dan akurat dari kedalaman laut suatu tempat dimana alat ini digunakan. 102P dirancang secara akurat untuk dapat melacak Remotely Operated underwater Vehicle (ROV), target bawah laut bahkan kehidupan dalam air sekalipun.

HiPAP102PP
HiPAP102P

HIPAP 102P merupakan generasi varian dari HiPAP 102 low frequency acoustic positioning system dan 102P beroperasi dalam mode SSBL di laut dalam dimana bertugas mengukur jarak serta arah ke transponder bawah laut dan juga menghitung posisi 3D di koordinat lokal atau geografis.

- Advertisement -

102P dirancang sebagai sistem portabel yang menawarkan fleksibilitas deployment platform, mudah diinstal dikapal tanpa memakan banyak tempat atau area lambung kapal.

HiPAP102p-in-action

HIPAP generasi baru besutan Kongsberg ini hadir bersama HiPAP Acoustic Positioning Operator Station (APOS) dimana menyediakan berbagai fungsi untuk penentuan posisi akustik dan komunikasi data, sementara protokol akustik proprietary Cymbal digital menyediakan posisi yang akurat serta telemetri yang tepat.

Sistem yang digunakan adalah motion sensors atau sensor gerak yang memungkinkan kompensasi kalibrasi bebas dari roll dan pitch kapal, dimana kalibrasi hanya perlu menggunakan gyro kompas untuk dapat menyelaraskan posisi. Sistem ini dapat dihubungkan dengan vessel heading sensor dan sistem GNSS dan data output kepada pengguna yang tersedia dalam format yang ditetapkan.

Selain itu yang ditawarkan diatas oleh 102P, saat membeli, pemnbeli juga dapat memilih agar 102P dikalibrasi bebas penuh untuk HiPAP 102P-MGC, yang mana terdiri dari sensor heading dan attitude, sedangkan untuk type HiPAP 102P-5 sudah memiliki sensor MRU 5 Motion sendiri.

HIPAP 102P juga sudah memiliki kalibrasi full LBL serta kemampuan positioning dan dapat digunakan bahkan untuk posisi box in, kalibrasi dan positioning.

Memiliki fitur wide range dari channels transponder dan model transponder cNODE untuk kedalaman laut 7,000 meter dan diatasnya.

Komentar
Loading...