Berita & Lowongan Pelaut Indonesia
Portal Media Pelaut Indonesia

Memahami Fin Stabilizer, Cara Kerjanya dan Pengaruhnya Terhadap Stabilitas Kapal

Fin stabilizer merupakan suatu peralatan dikapal yang dapat membantu stabilitas kapal.

1,356

- Advertisement -

Indoseafarer.com – Fin jika diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah: Sirip. Dengan demikian dalam artikel ini bisa kita sebut Fin stabilizer atau Sirip kapal yang dapat membantu stabilitas kapal.

Fin stabilizer kapal adalah suatu peralatan roll damping system yang dipasang pada lambung kanan dan kiri kapal bagian bawah yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan kapal (stabilitas kapal) pada saat kapal berada di atas air dan bekerjanya berdasarkan prinsip pengontrolan posisi fin. Sirip stabilizer ini dimaksudkan untuk mengurangi pengaruh gerakan roll (oleng) kapal yang disebabkan oleh gelombang air laut.

Kita harus jujur bahwa banyak dari kita pelaut jarang atau bahkan belum pernah melihat Fin Stabilizer kapal, kecuali mungkin yang pernah ikut saat kapal diatas dry dock yang kebetulan kapal anda dilengkapi dengan alat ini.

Tidak semua kapal niaga dilengkapi dengan Fin Stabilizer dan rata-rata alat ini berada pada kapal perang, cruise dan kapal berbobot besar/LLC. Mari kita lihat tujuan dipasangnya alat ini.

- Advertisement -

Tujuan dipasang fin stabilizer.
adalah untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang atau ABK (Anak Buah Kapal) dan keamanan peralatan didalamnya serta peningkatan akurasi sistem senjata misalnya pada kapal perang. Untuk kapal perang alat ini biasanya digunakan terutama pada kapal perang jenis kapal cepat dan tipe kapal patroli. Kapal-kapal tipe ini memiliki berat yang ringan karena sebagian dari badan kapal terbuat dari logam aluminium agar memungkinkan kapal dapat bergerak lebih cepat dan lebih lincah. Berbeda dengan kapal-kapal dengan tipe combaten atau fregat yang memiliki ukuran yang lebih besar dan badan kapal seluruhnya terbuat dari logam baja yang tebal.

Fin stabilizer bekerja berdasarkan kecepatan kapal, dan amplitudo oleng kapal. Apabila kecepatan kapal rendah maka posisi alat ini akan mempunyai sudut yang lebar dan apabila kecepatan kapal tinggi maka posisi sudut fin stabilizer harus kecil. Pada saat amplitudo oleng kapal tinggi maka sudut fin stabilizer akan besar dan bila amplitudo oleng kapal rendah maka sudut fin stabilizer juga harus kecil. Amplitudo oleng kapal selalu berubah-ubah sehingga sudut fins tabilizer juga harus berubah mengikuti perubahan keduanya. Untuk mengatur besarnya sudut fin stabilizer berdasarkan kecepatan kapal digunakan speed control switch pada control panel. Data amplitudo dan periode oleng kapal dihasilkan oleh rategyro yang terintegrasi langsung dengan sistem hidrolik dan mekanik dari fin stabilizer. Mari kita lihat gambar fin stabilizer dibawah ini:

Baca juga:
Kapal Riset Kementerian ESDM KR Geomarin III Menemukan Potensi Gas Biogenik Di Bali

fin-stabilizer-system
Fin Stabilizer System

Fin Stabilizer

Fin stabilizer terdiri dari bagian-bagian: Control Panel, Gyro panel unit (Roll rate sensing gyro dan damped position pendulum), summing amplifier, fin control assy, sistem hidraulik, dua buah fin/sirip dan unit feedback.

Fin-Stabilizer-working

1. Dua sirip membentuk bagian dari lambung kapal, satu port side dan satu starboard side. Dua bagian sirip tersebut terhubung ke masing-masing ruang stabilizer dibagian sisinya masing-masing (port/stbd). setiap fin terdiri dari fin box yang didukung oleh penggeraknya. Setiap unit fin akan memberikan support untuk stabilitas kapal sekitar +/-25 derajat kemiringan kapal.

2. Dua unit power hydraulic terletak di ruang stabilizer port side dan starboard, fin dikendalikan oleh tekanan hydraulic yang dihasilkan oleh power pack assembly.

3. Control panel secara general terdiri dari saklar dan indikator dimana merupakan bagian pemberi sinyal acuan atau referensi. Menyediakan kontrol dan indikator untuk pengoperasian dari anjungan.

4. LCU, Local Control Unit. Panel ini menyediakan indikasi lokal dan kontrol dari fin.

5. MCU, Main Control Unit, panel ini dapat mengontrol sirip dari ECR dengan fitur yang sama seperti pengontrolan dari anjungan. Display LCU untuk kedua sisi fin ada dalam MCU.

Komentar
Loading...