Berita & Lowongan Pelaut Indonesia
Portal Media Pelaut Indonesia

Mengintip Dmitry Donskoy: Kapal Selam Perang Rusia Terbesar di Dunia

235

- Advertisement -

Indoseafarer.com – Rusia siap mengirimkan kapal perang selam terbesar di dunianya ke laut Baltic yang dapat menampung 200 senjata termasuk 20 rudal nuklir yang dapat menjangkau target lebih dari 5000 mil.

Laut Baltik terletak di sebelah timur laut benua Eropa. Laut ini dibatasi oleh semenanjung Skandinavia, tanah daratan Eropa Tengah dan Timur serta Denmark.

Kapal selam terbesar dengan nama Dmitry Donskoy memiliki panjang 574ft atau sekitar 174,9 meter siap meninggalkan laut putih, laut yang terletak di Rusia bagian utara dan melakukan pelayaran menuju laut Baltic dengan melewati Norway dan Denmark.

Dmitry Donskoy dapat bertahan dibawah kedalaman air laut hingga 120 hari lamanya dengan full crew sebanyak 160 orang.

- Advertisement -

Dibawah ini gambar Kapal selam Rusia Dmitry Donskoy:

Dmitry Donskkoy-Kapal Selam Rusia Terbesar di dunia
Dmitry Donskkoy-Kapal Selam Rusia Terbesar di dunia

Nama Kapal selam Dmitry Donskoy sendiri diambil dari nama seorang pangeran yang memerintah antara tahun 1359-1389. Rusia sendiri mulai membangun kapal selam besar sejak perang melawan kapal selam American Ohio-Class. Kapal selam Rusia saat itu mampu membawa 192 senjata, total sebanyak 6 kapal perang yang dibangun Rusia dan Dmitry Donsko inilah yang masih tersisa hingga saat ini dan bahkan masih aktif.

Data Kapal Selam Dmitry Donskoy
Data Kapal Selam Dmitry Donskoy

Salah satu kehebatan kapal selam raksasa ini adalah masih mampu beroperasi hingga kedalaman 180 feet atau sekitar 54 meter dan masih sulit untuk dideteksi. Namun, untuk perjalan ke laut Baltic ini akan melewati shallow water atau laut dangkal, maka Dmitry Donskoy akan tetap berada diatas permukaan air.

Kapal selam raksasa ini hingga sekarang masih digunakan untuk menguji berbagai rudal Rusia. Dalam proses perjalanan ke laut Baltic ini, seorang ahli Fisika atom, Nils Bohmer mengatakan: “Saya sangat khawatir sebuah kapal selam atom yang berusia sudah 40 tahun dengan reaktor relatif besar diatas kapal berlayar sepanjang pantai Norwegia menuju Baltik.”

Photo Lampau Dmitry Donskoy
Photo Lampau Dmitry Donskoy

Dua hari sebelum pelayaran kapal selam raksasa ini, Lithuania sempat mengingatkan North Atlantic Treaty Organization (NATO) bahwa Rusia bersama Dmitry Donskoy dapat mampu menyerang daerah Baltic hanya dalam waktu 24 jam saja dan NATO akan dalam posisi rentan jika kapal tersebut berada disana.

Namun jurubicara Kremlin, Dmitry Peskov menepis kecurigaan dan kekhawatiran itu sebagai tampilan sentimen anti-Rusia.

Komentar
Loading...