Berita & Lowongan Pelaut Indonesia
Portal Media Pelaut Indonesia

R Agus H Purnomo Jadi Dirjen Perhubungan Laut

94

- Advertisement -

Indoseafarer.com – R Agus H Purnomo terpilih sebagai Dirjen Perhubungan Laut yang baru, sebelumnya Agus menjabat sebagai Direktur Utama PT INKA.

Pelantikan dilakukan oleh Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta pada Jumat (3/11/2017). Selain Dirjen Hubla yang dilantik, Menhub juga melantik dua Dirjen baru lainnya, yakni Irjen Polisi Budi Setiyadi sebagai Dirjen Perhubungan Udara, dan Zulfikri sebagai Dirjen Perkeretaapian.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap para profesional yang dipilihnya itu bisa mengemban tugas di direktoratnya masing-masing guna memberikan kemajuan bagi dunia transportasi di Indonesia.

Sebelumnya selain Agus ada dua orang calon Dirjen Dirjen Perhubungan Laut lainnya yaitu Johnson Williang Sutjipto (Direktur Utama PT Pelayaran Arial Niaga Nusantara) dan Dwi Budi Sutrisno (Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan). Ketiganya diajukan oleh Tim Pansel Kementerian Perhubungan ke Tim Penilai Akhir (TPA). Oleh TPA, yang dipimpin Presiden Jokowi, terpilihlah Agus untuk menduduki jabatan Dirjen Hubla.

- Advertisement -

Johnson, Dwi dan Agus calon Dirjen Perhubungan Laut Sebelumnya
Johnson, Dwi dan Agus calon Dirjen Perhubungan Laut Sebelumnya

Pengangkatan ketiga Dirjen di lingkungan Kemenhub mengacu pada Keppres Nomor 120/TPA Tahun 2017 Tanggal 31 Oktober 2017.

Menhub Budi saat ditemui di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (3/11/2017) mengatakan: “Saya percaya bahwa saudara-saudara akan menjalankan tugas sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan. Semoga Tuhan yang Maha Esa, Allah Subhanahu Wa Ta’ala bersama kita,”.

Saat pelantikan,dalam sambutan Budi mengungkapkan bahwa pelantikan kali ini dirasa istimewa. Pasalnya, ia melantik tiga Dirjen sekaligus dalam satu hari.

Baca juga:
1 of 9

Dengan terpilihnya R Agus H Purnomo sebagai Dirjen Perhubungan Laut merupakan sejarah baru Dirjen Hubla diduduki dari kalangan perkeretaapian. Juga merupakan sejarah baru dalam Dirjen Hubla dimana diduduki oleh eksekutif dari BUMN.

R-Agus-H-Purnomo-Dirjen-perhubungan-laut
R Agus H Purnomo Dirjen Perhubungan Laut

BIODATA R AGUS H PURNOMO
Agus H Purnomo merupakan pria kelahiran Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Alumni ITS Surabaya itu sejak tahun 2012 dipercaya menjadi orang nomor satu di BUMN Inka. Pada Agustus 2017 kemarin kembali dilantik menjadi Dirut Inka oleh Menteri BIMN Rini Soemarno.

Pada tahun 2017 ini pula, Ir. Agus H. Purnomo ikut mendaftar menjadi calon Dirjen Hubla. Nama Agus masuk daftar 15 nama yang lolos seleksi dan ikut assesment calon Dirjen Hubla dan akhirnya masuk tiga besar.

Kinerja Bagus

Menurut data yang kami kumpulkan, selama kepemimpinan Agus di Inka, berhasil membuat gebrakan dan meningkatkan kinerja BUMN Inka tersebut.

Inka berhasil memenangkan tender pengadaan kereta api (KA) di Srilanka dan Bangladesh, Asia Selatan.

Selain itu, Inka juga dipercaya untuk pengadaan ratusan unit KA yang akan dioperasikan di dalam negeri baik oleh KAI, MRT, LRT dan lainnya.

Komentar
Loading...