Berita & Lowongan Pelaut Indonesia
Portal Media Pelaut Indonesia

Tiga Kapal Terlibat Tabrakan di Pelabuhan Benoa, Bali

68

- Advertisement -

Indoseafarer.com – Tiga kapal terlibat kecelakaan di Dermaga Timur Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Jumat (21/4/2017) sekitar pukul 12.30 Wita. Tiga kapal tersebut adalah Kapal Motor (KM) Wilis, Kapal Sea Safari VII, dan Kapal Ikan Ryoyoshimaru.

Penyebab utama terjadinya kecelakaan kapal ini adalah KM Wilis. Kapal ini sedang maneuver untuk sandar dan menurunkan penumpang, saat maneuver KM Wilis menabrak kapal Sea Safari VII yang sedang dalam posisi sandar di dermaga.

Akibat hantaman tabrakan KM Wilis, Kapal Sea Safari VII terhempas dan menabrak kapal lain yakni kapal ikan Ryoyoshimaru 8 yang juga sedang dalam posisi sandar tepat di depannya.

Seorang anggota Polsek Kawasan Laut Benoa memberi keterangan: “Atas kejadian tersebut, kapal Sea Safari VII dan kapal ikan Ryoyoshimaru 8 mengalami kerusakan material,”.

- Advertisement -

Hingga kini, lokasi tabrakan masih dalam pengamanan dan pengawasan oleh Polsek Kawasan Laut Benoa, sedangkan penyebab dasar terjadinya kecelakaan akan dicari.

Kapolsek Kawasan Laut Benoa, Komisaris Polisi Nyoman Gatra saat dihubungi memberi penjelasa bahwa beliau belum dapat dikonfirmasi terkait insiden tabrakan tiga kapal ini. Ia menjelaskan: “Saya masih ada rapat, sebentara ya,” ucapnya melalui sambungan telepon.

Kecelakaan kapal akhir-akhir ini sering terjadi dengan berbagai penyebab. Sedikitnya ada lima penyebab terjadinya kecelakaan transportasi laut atau tabrakan. Lima penyebab tersebut adalah:

  1. Kelebihan kapasitas muatan
  2. Faktor Teknis (misalnya kegagalan mesin saat maneuvering dlsb)
  3. Pengelolaan lalu lintas
  4. Human Error
  5. Faktor alam (keadaan cuaca, angin, hujan, ombak dlsb)

 

Komentar
Loading...