Berita & Lowongan Pelaut Indonesia
Portal Media Pelaut Indonesia

Very Small Aperture Terminal (VSAT) Akan Bangun Teknologi Kapal Yang Lebih Cerdas Dan Aman

0 2,726

- Advertisement -

Indoseafarer.com – Very Small Aperture Terminal (VSAT) berencana akan membangun teknologi dengan tingkat konektivitas yang lebih tinggi, komunikasi lebih cepat, dan pengembangan pemantauan kapal jarak jauh yang akan memungkinkan pemilik kapal mengurangi pengeluaran operasional serta meningkatkan keamanan diatas kapal.

Inilah yang sedang dikerjakan, perusahaan yang awalnya merupakan suatu trademark untuk stasiun bumi kecil yang dipasarkan sekitar tahun 1980 oleh Telecom General di Amerika ini akan memainkan peran kunci dalam tren industri ini, demikian kata chief executive SpeedCast International Pierre-Jean Beylier. Ia mengharapkan project yang sangat penting ini dalam tahap pengembangan mampu menciptakan  kapal yang lebih cerdas dan aman. Selain itu dalam pengembangannya juga akan diintegrasikan dengan teknologi komunikasi lainnya.

Kesejahteraan kru kapal juga akan menjadi pendorong dalam penerapan VSAT di industri maritim karena pelaut membutuhkan lebih banyak akses ke internet seperti browsing, akses ke media sosial atau terhubung dengan keluarga.

Sebagai Informasi, apa itu VSAT? Berikut sedikit informasi tentang VSAT.

- Advertisement -

Dikutip dari Wikipedia: VSAT merupakan singkatan dari Very Small Aperture Terminal, awalnya merupakan suatu trademark untuk stasiun bumi kecil yang dipasarkan sekitar tahun 1980 oleh Telecom General di Amerika. Dalam terjemahan bebasnya dapat diartikan sebagai suatu terminal pemancar dan penerima transmisi satelit yang tersebar di banyak lokasi dan terhubung ke hub sentral melalui satelit dengan menggunakan antena parabola berdiameter tertentu.

VSAT merupakan salah satu kemajuan dalam tren untuk mereduksi ukuran ground segment (stasiun bumi) pada komunikasi satelit. VSAT terletak di akhir jalur komunikasi satelit dimana VSAT menawarkan berbagai macam layanan komunikasi. VSAT merupakan stasiun kecil berdiameter tak lebih dari 2.4 meter. Dengan ukuran antena yang bisa di bilang realtif kecil, membuat band frekuensi Ku Band sangat popular digunakan untuk kebanyakan aplikasi VSAT.

Pierre-Jean Beylier akan mempresentasikan visinya di Nor-Shipping di: The Reality and Future of the Digital Ship event. Dalam acara ini, VSAT akan menjadi tuan rumah bersama Riviera Maritime Media pada hari Rabu 31 Mei mendatang dengan rencana akan dimulai pada pukul 12.30 15.00 di Thon Hotel Arena, Lillestrøm, Norwegia. Ada yang tertarik mengikuti acara ini? Anda bisa ikut dengan mendaftar >> klik disini

Pierre-Jean-Beylier-chief executive SpeedCast International
Pierre Jean Beylier, chief executive SpeedCast International

Acara tersebut akan mencakup diskusi tingkat tinggi mengenai bagaimana jaringan hybrid meningkatkan IT kapal, bagaimana shipping dapat mengelola keamanan dunia maya dan menjaga agar kapal tetap terhubung dengan aman. Akan ada presentasi oleh Katerina Raptaki, direktur IT Navios group dan wakil presiden asosiasi pemilik kapal Yunani AMMITEC, Douglas Watson, direktur bisnis manajer senior Ericsson dan SpeedCast.

Kita tunggu perkembangan baik selanjutnya dari teknologi ini 🙂

Komentar
Loading...